Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Angkutan Umum Tanpa Emisi Bakal Dapat Insentif, Salah Satunya Bus Listrik Bakrie

Bus listrik Bakrie Autoparts.
Sumber :

100kpj – Untuk menekan emisi yang dihasilkan mesin pembakaran kendaraan bermotor, bukan hanya berfokus pada mobil, dan motor, namun angkutan umum juga sangat berkontribusi untuk menuju ramah lingkungan.

Oleh sebab itu, pemerintah juga akan memberikan insentif angkutan umum bertenaga listrik terutama jika sudah diproduksi lokal. Seperti yang disampaikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara.

Baca juga: Presiden Jokowi Siap Berikan Insentif Angkutan Umum Listrik jika sudah Produksi Lokal

enumpang turun dari bus listrik

“Insentif untuk angkutan umum selama produksinya di dalam negeri, tentu hitungannya berbeda. Nanti kalau hitung-hitungannya sudah final, keputusan ini final betul, baru akan kita sampaikan,” ujar Presiden Jokowi dalam Youtube Sekretariat Presiden, dikutip, Kamis 22 Desember 2022.

Salah satu angkutan umum tanpa emisi yang sudah diproduksi lokal adalah bus listrik BYD garapan PT VKTR Teknologi Mobilitas sebagai spin-off dari bisnis kendaraan listrik PT Bakrie Autoparts, anak usaha Bakrie & Brothers Tbk (BNBR).

Bus listrik brand China itu adalah jenis K9 low deck, dan sudah dijadikan armada Transjakarta sebanyak 30 unit. Adapun nilai TKDN, atau tingkat kandungan dalam negeri bus VKTR-BYD tersebut sekitar 35-45 persen.

Berita Terkait
hitlog-analytic