Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Xiaomi Pede Banget Produksi 10 Juta Unit Mobil Listrik per Tahun

Mobil pertama kali Xiaomi, Redmi Car
Sumber :

100kpj – Perusahaan teknologi raksasa asal China, Xiaomi, benar-benar berambisi besar dalam menciptakan mobil di masa depan. Bahkan, mereka mendirikan perusahaan baru Xiaomi Automobile yang dikhususkan untuk berfokus pada rencana mereka tersebut.

Mengutip dari Carnewschina, Selasa 29 November 2022, Xiaomi Automobile diluncurkan di China pada 2021 dengan investasi awal sekitar USD1,39 miliar. CEO Xiaomi, Lei Jun, mengatakan bahwa Xiaomi bertujuan untuk menjual 10 juta EV per tahun.

Xiaomi CEO Lei Jun

Xiaomi Automobile disebutkan bakal memulai produksi massal pada H1 2024. Mobil protipe Xiaomi sendiri sudah melakukan uji jalan pada Juli 2022, di mana sedan listriknya sangat memiliki tampilan sporty.

Tak cuma itu, Xiaomi juga akan menghadirkan truk pickup Rivian R1T. Ambisi besar Xiaomi untuk memproduksi 10 juta kendaraan per tahun demi memenuhi syarat untuk masuk dalam daftar pemegang pasar.

Menurut Lei Jun, saat industri EV mencapai tingkat tinggi akan ada lima merek yang menguasai 80 persen pangsa pasar. Berdasarkan informasi, bahwa mobil listrik Xiaomi dilengkapi dengan teknologi pengisian daya 800V dan powertrain untuk 260 kW atau setara dengan 354 tk.

Jika menengok ke belakang, CEO Xiaomi Lei Jun pernah dua kali bertemu petinggi Tesla, Elon Musk. Hal tersebut kemudian menjadi landasan bahwa Xiaomi mungkin saja menaruh minat pada industri otomotif—khususnya mobil pintar—sebagai opsi pengembangan pasar di masa depan bila bisnis ponsel mengalami stagnansi.

Berita Terkait
hitlog-analytic