Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Negara Belum Punya Uang Untuk Mobil Listrik Dinas Pejabat

Mobil listrik Nissan
Sumber :

100kpj – Demi menekan polusi udara, penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai menjadi salah satu pilihan untuk mengurangi emisi gas karbon yang dihasilkan dari mesin pembakaran kendaraan bermotor.

Sudah banyak mobil listrik yang dijual di Tanah Air, namun sebagian besar masih berstatus impor dari sejumlah negara seperti beberapa model Tesla, Lexus UX-300e, Porsche Taycan, Nissan Leaf, Mini Cooper SE, BMW iX, dan i4.

Ilustrasi Mobil Listrik. Foto: The Verge.

Sedangkan yang dibuat di Indonesia hanya ada 2 untuk kendaraan jenis penumpang, yaitu Hyundai Ioniq 5, Wuling Air ev, dan 1 jenis komersial DFSK Gelora E dalam bentuk mini van, atau blind van.

Untuk pengangkut penumpang, harga mobil listrik di Indonesia tergolong mahal. Jika berkaca dari produk buatan lokal, Ioniq 5 saat ini dilego Rp748 juta-820 juta, sementara Air ev Rp238-295 juta on the road DKI.

Sedangkan untuk model lainnya sudah menyentuh angka Rp1 miliaran. Mengingat harganya tergolong tinggi, pemerintah belum menyiapkan anggaran mobil dinas pejabat pemerintah yang akan beralih ke listrik.

“Aslinya ini buat kendaraan EV (Electric Vehicle) anggarannya tidak ada,” ujar Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan, Made Arya Wijaya dikutip Viva.co.id, Senin 7 November 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic