Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

BMW Pindahkan Pabrik Mobil Listrik Mini dari Inggris ke China

Mini Electric
Sumber :

100kpj –  BMW akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi mobil listrik MINI di pabrik Oxford, Inggris. Mobil Mini Electric pun akan diproduksi di pabrik yang berada di China, berdasarkan laporan dari The Guardian, Rabu 19 Oktober 2022.

Selain Mini Electric, merek Aceman mendatang yang dipratinjau baru-baru ini oleh sebuah mobil konsep, akan dibangun di China. Pemindahan produksi MINI Electric ini, rencananya akan dilangsungkan pada 2023.

Dikabarkan bila pemindahan ini karena pabrik di Oxford yang sudah berusia 60 tahun itu, tak bisa memenuhi target perusahaan untuk kebutuhan kendaraan listrik. Head of MINI, Stefanie Wurst menyebutkan, fasilitas pabrik MINI di Inggris masih membutuhkan renovasi dan investasi tambahan, jika akan produksi massal mobil listrik.

Pabrik Mini di Inggris itu hanya memiliki kapasitas produksi sebanyak 40 ribu unit kendaraan listrik, dari total 200 ribu mobil yang diproduksi di Oxford. Salah satu alasan pemindahan produksi MINI Electric ini karena masalah krisis chip semikonduktor yang mempengaruhi produksi.

Selain itu, biaya komponen baterai seperti lithium, nikel, dan tembaga yang terus bersaing juga menjadi salah satu penyebab pemindahan produksi mobil listrik tersebut. Maka itu, Stefanie membantah menghentikan produksi EV di pabrik tidak terkait dengan Brexit atau gesekan lintas batas antara Inggris dan Uni Eropa.

Mini Cooper SE

Sebaliknya, dia menunjuk alasan ini untuk efisiensi produksi atau lebih tepatnya, inefisiensi yang akibat produksi kendaraan dengan pembakaran internal dan kendaraan listrik pada jalur yang sama.

Berita Terkait
hitlog-analytic