Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pabrik Produksi Avanza-Xenia, dan Terios-Rush Akan Tutup

Pabrik Daihatsu tempat produksi Avanza-Xenia ditutup
Sumber :

100kpj – Untuk menghemat ongkos produksi kendaraan, hampir semua merek yang beraliansi memanfaatkan satu platform untuk dijadikan berbagai model dengan desain berbeda-beda sesuai ciri khas dari merek tersebut.

Meski penampilan luarnya berbeda, namun spesifikasi mobil yang dilahirkan dari satu rancang bangun itu tidak ada perbedaan. Seperti yang dilakukan Toyota dan Daihatsu sejak menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air.

Modifikasi Daihatsu Xenia di GIIAS 2022

Kedua jenama asal Jepang tersebut memiliki beberapa produk yang dibangun dengan sasis, dan mesin serupa. Yang menarik semua mobil hasil kawin silang itu laris dipasaran, baik dari kelas Low MPV, SUV, hingga city car.

Dari kelas Low MPV sejak 2004 Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia dibangun menggunakan platform serupa. Tapi secara desain, dan fitur yang ditawarkan pada kedua mobil tersebut agak berbeda, pun dengan harganya.

Setelah sukses dipasaran, platform Avanza-Xenia itu juga dimanfaatkan untuk produk di beda segmen, yaitu Low SUV. Menggunakan mesin, dan sasis yang sama lahirlah Toyota Rush, dan Daihatsu Terios generasi pertama.

Kemudian di segmen LCGC (Low Cost Green Car), merek penguasa pasar itu kembali membuat mobil kembar, yaitu Agya-Ayla untuk city car harga terjangkau, serta Calya-Sigra untuk MPV 7 penumpang paling murah.

Berita Terkait
hitlog-analytic