Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hotel Ini Pakai Mobil Listrik Buatan Cikarang Untuk Sumber Kelistrikan

Sumber listrik hotel ini pakai Hyundai Ioniq 5
Sumber :

100kpj – Mobil listrik mengandalkan baterai untuk penympanan daya, layiknya mobil konvensional yang memiliki tangki untuk menampung bahan bakar minyak. Sementara sumber penggerak roda adalah dinamo, alias motor listrik.

Dengan mengandalkan dua komponen tersebut, mobil listrik menjadi solusi untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan mesin pembakaran. Selain itu masih ada fungsi lainnya dari kendaraan pelahap seterum.

Fitur unggulan IONIQ 5, yakni Vehicle-to-Load atau yang disebut V2L

Mengingat baterai sebagai sumber energi, maka saat kendaraan tersebut tidak digunakan berjalan bisa dimanfaatkan sebagai jenset disaat kelsitrikan rumah padam. Teknologi tersebut diberi nama Vehicle to Load (V2L).

Hampir setiap mobil listrik murni mengadopsi teknologi tersebut, diantaranya Tesla, Nissan Leaf, dan Hyundai Ioniq 5. Berkat V2L daya dari baterai bisa disalurkan ke luar mobil untuk keperluan dalam kondisi tertentu.

Khusus Hyundai Ioniq 5, arus yang dikeluarkan dari baterai mencapai 3,6 kilo watt hour (kWh), dengan daya tersebut bisa untuk mengisi daya kendaraan listrik lainnya, perangkat elektronik, hingga menyuplai kebutuhan listrik rumah.

Kemampuan itu dimanfaatkan Hyundai Inggris untuk mempromosikan teknologi V2L dengan menjadikan Ioniq 5 sebagai jenset di sebuah hotel yang akan dibangun di pedesaan Essex, seperti dilansir Carscoops, Jumat 7 Oktober 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic