Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

2 Bulan Mobil Listrik Ini Enggak Ada yang Beli di Indonesia

Nissan Leaf Terbaru
Sumber :

100kpj – Nissan Leaf menjadi salah satu mobil listrik paling laris di dunia, namun nasibnya sangat berbeda saat dijual di Indonesia. PT Nissan Motor Distribution Indonesia resmi meluncurkan Leaf pada Agustus 2021.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada tahun lalu sejak dirilis penjualan wholesales Nissan Leaf hanya 42 unit. Kemudian tahun ini, hanya terjual 31 unit periode Januari-Juni.

Nissan Leaf. Foto: Electrive.

Terlihat sejak Juli sampai Agustus tidak ada angka pendistribusian unit dari pabrik ke diler. Jika melihat hasil tersebut, tentu Nissan Leaf tidak selaris Hyundai Ioniq 5 meski harga jualnya jauh lebih mahal.

Hyundai Ioniq yang sudah diproduksi lokal hargnya Rp748 juta sampai Rp859 juta, sedangkan Nissan Leaf yang impor utuh dari Jepang hanya Rp600 jutaan.

Mobil hatchback pelahap seterum Nissan itu didukung baterai Lithium-ion 40 kilo watt hour (kWh). Dalam keadaan baterai penuh, Leaf bisa menempuh jarak 311 kilometer berdasarkan pengujian New European Driving Cycle (NEDC).

“Jarak yang ditempuh dapat bervariasi sesuai dengan beberapa faktor diantaranya umur, dan kondisi baterai, gaya berkendara, kondisi lalu lintas, cuaca, aksesoris yang terpasang serta kondisi mobil terisi, atau kosong tanpa barang,” 

Berita Terkait
hitlog-analytic