Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Luhut Tuntut Percepatan Penggunaan Kendaraan Listrik

Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :

100kpj – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar penjualan kendaraan bermotor berbasis Bahan Bakar Minyak (BBM) bisa dibatasi. Ini demi perpindahan ke kendaraan listrik bisa segera berjalan cepat.

Hal tersebut diungkapkan olehnya di akun Instagram miliknya. Menurutnya, dalam 1 dekade terakhir pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami kenaikan yang berimbas kepada jumlah penggunaan kendaraan bermotor. Artinya, berimplikasi ke kenaikan subsidi BBM.

Dari data yang didapatnya, yang dihitung oleh Industri Kendaraan Bermotor bahwa secara rata-rata konsumsi BBM untuk satu unit mobil mencapai 1.500 liter/ tahun dan 305 liter/tahun untuk motor.

"Bisa kita semua bayangkan ketika dua jenis kendaraan ini kebanyakan menggunakan BBM bersubsidi, maka sudah pasti yang terjadi adalah membengkaknya subsidi BBM," tulis Luhut, yang dikutip Minggu 11 September 2022.

Atas dasar hal tersebut, pemerintah menyiapkan sejumlah strategi demi meredam kenaikan anggaran subsidi BBM. Salah satunya lewat percepatan adopsi penggunaan “Electric Vehicle” (EV) di Indonesia.

SPKLU Shell Indonesia

"Saya melihat tujuan besar selain untuk mengurangi ketergantungan pemakaian BBM bersubsidi, juga untuk mengurangi emisi CO2 yang ditargetkan dapat turun sebesar 40 juta ton pada 2030 mendatang hanya dari program ini. Anggaran subsidi BBM pada akhirnya bisa dialihkan ke sektor-sektor yang lebih bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat," tambahnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic