Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hyundai Stargazer Gak Masalah Pakai Pertalite, Gimana Garansinya?

Hyundai Stargazer
Sumber :

100kpj – Mobil zaman sekarang dibekali mesin dengan kompresi ruang bakar yang lebih padat, serta teknologi yang lebih canggih, sehingga ada konsekuensi untuk penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Sebagian besar pabrikan merekomendasikan BBM yang digunakan tidak lagi mengandung timbal, atau minimal RON 92. Artinya setara dengan Pertamax milik Pertamina, Shell Super, atau Revvo 92 milik Vivo.

Hal serupa diterapkan oleh Hyundai Stargazer, mobil Low MPV (Multi Purpose Vehicle) buatan Cikarang, Jawa Barat itu direkomendasikan menggunakan bahan bakar dengan RON 91+.

Informasi minimal penggunaan oktan pada BBM tersebut bisa terlihat di balik tutup lubang pengisian bahan bakar. Meski begitu, Hyundai Stargazer tetap aman menggunakan Pertalite dengan RON 90.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia, Makmur mengatakan, stiker tersebut untuk memberikan informasi kepada konsumen jenis bahan bakar yang direkomendasikan, yang terpenting tanpa timbal.  

“Memang kalau untuk mengejar performa, mobil-mobil Hyundai sekarang ini memiliki kompresi mesin yang tinggi ini menunjukkan BBM yang tinggi juga,” ujar Makmur di Malang, Jawa Timur, Kamis 1 September 2022.

Menurutnya, kandungan oktan yang disarankan itu untuk mengejar performa mesin, sehingga jika konsumen tidak memerlukan hal tersebut tentu tidak bisa melarang untuk menggunakan BBM yang oktannya di bawah itu.

Berita Terkait
hitlog-analytic