Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Listrik Paling Laku di RI Harganya Bikin Kaum Pas-pasan Kaget

Fitur unggulan IONIQ 5, yakni Vehicle-to-Load atau yang disebut V2L
Sumber :

100kpj – Populasi mobil listrik di Indonesia belum bisa menyaingi kendaraan konvensional. Hal yang wajar, karena mobil ramah lingkungan tersebut tergolong produk baru di dalam negeri, dan harganya yang masih cukup tinggi.

Ada beberapa alasan terkait mobil listrik kurang diminati, selain harganya kurang bersahabat untuk sebagian besar orang, dan jarak tempuh yang masih dikhawatirkan karena tempat pengisian baterai belum memadai.

Hyundai Ioniq 5

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, penjualan mobil listrik dari pabrik ke diler sepanjang Januari-Juni 2022 hanya 452 unit. 

Data penjualan wholesales itu di luar dari beberapa model yang hanya sekadar di bawa ke Indonesia oleh produsen resminya untuk keperluan tertentu. Misalnya Toyota COMS EV, C+POD EV, dan Hyundai Genesis G80 Electric.

Selain itu, angka tersebut hanya untuk brand yang dijual oleh produsen resminya di RI, artinya tidak termasuk mobil-mobil listrik yang dijual importir umum seperti halnya beberapa model Tesla, atau Porsche Taycan Electric.

Melalui data yang diunggah Gaikindo, mobil listrik paling laris adalah Hyundai Ioniq 5. Dari angka tersebut kendaraan tanpa emisi buatan lokal itu berhasil terjual 395 unit hanya dalam waktu tiga bulan sejak dirilis Maret. 

Berita Terkait
hitlog-analytic