Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bocoran Menko Perekonomian, Tahun Ini 3 Mobil Listrik Baru Hadir di RI

Ilustrasi Mobil Listrik. Foto: The Verge.
Sumber :

100kpj – Salah satu cara menekan polusi udara adalah mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dengan mesin pembakaran. Sehingga listrik dipilih untuk menggantikan bahan bakar minyak, atau BBM sebagai energi utama.

Setiap produsen mobil yang ada di Indonesia berlomba-lomba menjual kendaraan ramah lingkungan, namun sebagian besar masih berstatus impor secara utuh. 

Hyundai Ioniq 5, SUV kompak bertenaga listrik

PT Hyundai Motor Indonesia, menjadi produsen pertama yang memproduksi mobil listrik di dalam negeri. Memanfaatkan pabrik terbaru mereka di Cikarang, Jawa Barat untuk melahirkan Hyundai Ioniq 5.

Untuk pasar global, Ioniq 5 dipersenjatai dua pilihan baterai, dan tiga sumber penggerak. Untuk beterai berdaya 58 kWh dengan penggerak roda depan, atau belakang bisa melesat hingga kecepatan 185 kilometer per jam. 

Sedangkan baterai 72,6 kWh dengan penggerak empat roda tenaganya mencapai 225 Kw, atau setara 300 dk, dan torsi 605 Nm. Untuk berlari dari diam ke 100 km per jam hanya butuh waktu 5,2 detik.

Berdasarkan pengetesan Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP), jarak tempuhnya bisa mencapai 470-480 kilometer, untuk varian penggerak dua roda.

Berita Terkait
hitlog-analytic