Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sejarah Untuk Pertama Kalinya Mobil Buatan RI Dijual ke Australia

Ekspor mobil Toyota
Sumber :

100kpj – Produsen mobil yang menancapkan kuku bisnisnya di Indonesia bukan sekadar bermain di pasar domestik, namun mereka juga ikut bertanggung jawab dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui ekspor.

Sehingga merek mobil yang berasal dari berbagai negara itu mendirikan pabrik di Tanah Air sebagai pusat produksi. Sudah banyak mobil-mobil buatan lokal yang di ekspor ke sejumlah negara, salah satunya Toyota.

Ekspor mobil Toyota Januari-November 2021

Namun dari sekian banyak negara tujuan ekspor, baru kali ini PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjual mobil buatannya ke Australia. Dan menjadi pabrikan pertama di RI yang melakukan hal tersebut.

Gerbang masuk mobil buatan lokal ke negeri kangguru itu dipermudah melalui kemitraan komperhensif Indonesia-Australia atau Compreshensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), dan persetujuan principal Toyota.

Ekspor perdana mobil Toyota ke Australia juga ditandai dari keberhasilan mereka yang sudah menjual 2 juta unit produk lokal ke sejumlah negara. Di awali dari ekspor Kijang Super pada 1987 sebanyak 50 unit ke Brunei Darussalam.

Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono  mengatakan, mobil yang di ekspor ke Australia dalam bentuk utuh, dan enjadi bagian kontribusi untuk perkembangan industri otomotif termasuk menjaga neraca perdagangan.

Berita Terkait
hitlog-analytic