Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menakjubkan, Begini Kemampuan Fortuner 2.800cc vs Buldoser

New Fortuner 2.8 tarik Buldoser
Sumber :

100kpj - Demi menjawab pecinta mobil SUV (Sport Utility Vehicle) bertenaga besar di Tanah Air, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya meluncurkan varian baru New Fortuner dengan mesin yang lebih besar, Kamis 13 Januari 2022.

Mesin terbaru yang berasarang di Fortuner varian tertinggi tersebut berkapasitas 2.800cc diesel dengan kode 1GD-FTV yang dapat menyemburkan tenaga maksimal hingga 204 PS di 3.400 rpm, dan torsi 500 Nm di 1.600-2.800 rpm. Disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan berteknologi Sequential Shift.

Demi mengurangi kebisingan, atau getaran ditanamkan balance shaft sebagai penyeimbang saat puncak putaran mesin. Nah, demi membutktikan ketangguhan enjin peminum solar tersebut, produsen mobil Toyota di Tanah Air menggelar acara media eksperience.

Salah satunya menguji ketangguhan Fortuner baru tersebut dengan menarik buldoser seberat 12 ton, atau setara tiga ekor gajah dewas yang masing-masing seberat 4.000 kilogram. Saat pengujian tersebut, kedua roda belakang mobil SUV itu sempat lari di tempat hingga mengeluarkan asap dari kondisi diam.

Yang menakjubkan, tanpa perlu waktu lama buldoser tersebut dengan mudah ditarik oleh Fortuner hingga jarak beberapa meter.

"Ada tehniknya, saya menjalankan mobil di awal tidak langsung dalam putaran tinggi mesin. Sehingga tidak ada hentakan, tapi saya lakukan secara smooth," ujar Instruktur Defensive Driving Ade Muhammad Arbi yang mengendarai Fortuner itu saat berbincang dengan 100kpj di BSD, Tangerang, Jumat 14 Januari 2022.

Lebih lanjut Arbi menjelaskan, adegan tersebut bukan untuk ditiru namun hanya sebagai demo pembuktian bahwa mesin yang bersarang di dalam SUV tersebut memiliki torsi mumpuni hingga mampu menarik beban yang jauh lebih berat dari bobot mobil secara keseluruhan.

Berita Terkait
hitlog-analytic