Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

'Ditodong' Menteri, Volkswagen Siap Buat Baterai Mobil Listrik di RI

Logo Volkswagen.
Sumber :

100kpj – Demi menekan polusi udara yang dihasilkan mesin pembakaran kendaraan bermotor, sejumlah pabrikan mobil di dunia menciptakan produk ramah lingkungan dengan mengandalkan tenaga listrik sebagai penggerak roda.

Mobil listrik murni, atau hybrid membutuhkan baterai sebagai komponen utama. Di Indonesia, Hyundai menjadi produsen pertama yang akan memproduksi baterai dengan menggandeng perusahaan teknologi LG.

Mobil listrik Volkswagen

Bukan hanya itu, pemerintah terus melakukan lobi kepada brand-brand mobil raksasa untuk membuat komponen tersebut di dalam negeri. Salah satu yang kepincut adalah Volkswagen Group sebagai jenama asal Jerman.

Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia telah bertemu langsung dengan Chief Executive Officer Volkswagen Group Components, Thomas Schmall di negara asalnya.

Saat pertemuannya pada minggu lalu, Bahlil menjelaskan komitmen pemerintah Indonesia dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Mulai dari hulu hingga ke hilir, atau meliputi bahan baku hingga tahap produksi.

"Saya datang langsung ke sini, untuk menunjukkan keseriusan pemerintah Indonesia dalam memfasilitasi rencana investasi Volkswagen di Indonesia," ujarnya dikutip keterangan resminya dari Viva.co.id, Selasa, 12 Oktober 2021.

Berita Terkait
hitlog-analytic