Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daftar Mobil Baru Yang Harganya Turun Saat PPnBM 0% Berlaku Hari Ini

Sales mobil Daihatsu di Jakarta

100kpj – Demi menggenjot penjualan mobil baru yang terpuruk sepanjang 2020 akibat pandemi, akhirnya pemerintah memberikan keringanan berupa penurunan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) menjadi nol persen.

Diskon pajak itu mulai berlaku hari ini, Senin 1 Maret 2021. Namun hanya 21 mobil baru dari beberapa brand yang menerima keringan tersebut sesuai kategori yang sudah ditentukan pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian.

Baca juga: PPnBM Nol Persen, Menkeu Sri Mulyani Ajak Masyarakat Beli Mobil

Ilustrasi pameran GIIAS 2019

Seperti yang tertuang dalam Keputusan Menperin Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmitaa dalam beleid yang ditandatanganinya 26 Februari 2021 menyebut, kategori kendaraan baru yang mendapatkan isentif PPnBM nol persen jika nilai kandungan lokalnya 70 persen.

Terdapat 115 komponen yang dapat mewakili kandungan buatan dalam negeri tersebut, yakni sektor mesin, transmisi, sistem kopling, bodi dan sasis, sistem kemudi, sistem pengereman, dan komponen lain yang bersifat serupa satu sama lain.

Berita Terkait
hitlog-analytic