Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Terungkap Kenapa Pemerintah Tak Beri Semua Mobil PPnBM Nol Persen

Booth Honda di GIIAS 2019 Medan
Sumber :
HPM

100kpj – Awal Maret 2021, pemerintah mulai memberlakukan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil baru. Artinya, masyarakat bisa membeli mobil dengan harga yang lebih murah.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Nathan Kacaribu mengatakan bahwa penghapusan PPnBM untuk mobil akan mulai diberlakukan pada 1 Maret mendatang. Diharapkan ini bisa merangsang kelas menengah untuk membeli mobil.

Baca Juga: PPnBM Nol Persen, Menkeu Sri Mulyani Ajak Masyarakat Beli Mobil

Sebab dengan begitu bisa mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Seperti diketahui, industri otomotif merupakan salah satu sektor yang bisa memberi dampak cukup besar pada negara.

“PPnBM sedang kami finalisasi, dan berlaku 1 Maret 2021. Itu diharapkan bisa mendorong konsumsi masyarakat, khususnya kelas menengah,” ujarnya seperti dikutip dari VIVA Otomotif Rabu 24 Februari 2021.

Akibat pandemi covid-19, angka penjualan kendaraan bermotor turun lebih dari 45 persen pada tahun lalu. Padahal, ada lebih dari 3 juta pekerja dari industri motor dan mobil yang bergantung pada perusahaannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic