Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

50 Tahun Suzuki di Indonesia: Mengenang Lahirnya Pikap ST20 di Manado

Suzuki Carry ST20 lansiran 1981
Sumber :

100kpj – Suzuki sedang merayakah kehadirannya di Indonesia yang sudah memasuki usia ke-50 tahun. Hadirnya Suzuki di Tanah Air tak lepas dengan salah satu mobil legendarisnya, yakni Suzuki ST20.

Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International, Soebronto Laras, pun mengenang akan lahirnya pikap ST20 tersebut. Dia menuturkan bila ST20 lahir di Manado, Sulawesi Utara.

Baca Juga: Lebih Jelas, Begini Rupa Utuh Calon Motor Baru Suzuki

"Saya ingat betul ketika itu, tahun 80an akhir petani cengkeh di Manado panen. Banyak duitnya, perlu angkutan yang sesuai. Lalu saya bawa ST20 ke sana," buka Soebronto dalam sambutan perayaan 50 tahun Suzuki di Indonesia secara virtual Senin, 7 Desember 2020.

Dia menceritakan saat itu sedang bersama petinggi Suzuki dari Jepang dalam memperkenalkan ST20 kepada petani cengkeh di Manado. "Saya suka balap, reli, lalu saya demonstrasikan kemampuan ST20 di hadapan petani," lanjutnya.

Ternyata, diberi bebas hingga 1 ton kemampuan ST20 masih cukup mumpuni. Begitu juga saat melewati jalanan menanjak dareah pegunungan di Manado, yang membuat banyak orang terkaget-kaget.

Saat itu, hanya 10 unit pikap ST20 saja yang dibawa ke Manado hingga akhirnya permintan kian naik. Total saat itu terjual 1.500 unit, sebelum akhirnya masuk ke pulau Jawa.

Berita Terkait
hitlog-analytic