Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bikin RX King Jadul Jadi seperti Baru Habiskan Rp118 Juta

RX King yang dijual Rp45 juta.
Sumber :

100kpj – Walaupun banyak motor-motor baru dengan teknologi super canggih, namun motor klasik tetap dicintai. Bahkan, ada yang rela menghabiskan dana hingga ratusan juta demi membangun motor kesayangannya agar seperti terlihat baru kembali.

Memang, ada beberapa motor jadul yang dibiarkan begitu saja hingga jadi rongsokan. Meski sangat berarti, namun kendaraan itu tidak lagi bisa digunakan dan hanya diparkir hingga berdebu.

Padahal, bila kondisinya dibikin prima kembali dengan tampilan yang menarik bakal membuat harganya melambung kembali.Contohnya, sepeda motor Yamaha RX-King, yang dalam kondisi bekas pakai, harga motor ini terbilang cukup tinggi.



Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengembalikan kondisinya agar tampak seperti baru keluar dari diler? Seorang pedagang motor bekas yang juga pencinta RX-King, Ahmad Arif mengaku hal itu tergantung dari kondisi motor dan tahun pembuatannya.

“Gampangnya begini, RX-King itu ada dua, yakni tahun tua dan tahun muda. Kalau tahun tua, suku cadangnya sudah susah dicari,” ujarnya, seperti dilansir dari VIVA.

Arif menjelaskan, suku cadang yang umum untuk RX-King tahun muda masih disediakan oleh Yamaha. Sebab, pabrikan asal Jepang itu berkomitmen menjamin ketersediaan onderdil hingga jangka waktu lama.

“Kalau restorasi, komponen yang umum itu di Yamaha masih ada. Kalau yang detail, biasanya cari di online. Yang paling mahal itu blok mesin Y1 dan Y2, kapan itu di online ada yang minta Rp35 juta,” tuturnya.

Selama berjualan RX-King, Arif mengaku pernah beberapa kali melakukan restorasi. Biaya yang dikeluarkan oleh pemilik sangat banyak, mencapai ratusan juta rupiah.

“Saya terima restorasi juga. Kapan itu ada RX-King tahun 1983, direstorasi butuh waktu 1,5 tahun. Biayanya habis Rp118 juta, sudah termasuk jasa,” ungkapnya.
Berita Terkait
hitlog-analytic