Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

VW Kodok Tenaga Listrik Pertama di RI, Jangan Tanya Biaya Modifnya

VW Kodok Listrik
Sumber :

100kpj – Hebohnya kendaraan listrik di Indonesia bukan hanya diwarnai produk-produk baru. Namun ada juga yang menyulap mobil lawas, dengan mengganti mesin pembakarannya menjadi motor listrik sebagai penggerak utama.

Mobil yang dimaksud adalah Volkswagen Super Beetle lansiran 1973 milik Rudi Susanto. Mobil yang memiliki nama popular VW Kodok tersebut sudah tidak lagi memiiki mesin dan knalpot, karena sumber penggeraknya listrik.

Rudi yang juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) itu mengatakan, modifikasi dilakukan agar nasib mobil klasik tidak punah termakan zaman. Karena bahan bakar fosil akan menipis.

“Kendaraan klasik kami tidak ingin punah, caranya mengubah combustion engine. Karena pada 2040 kemungkinan bensin tidak ada. Dan dari efisiensi, ongkos perawatan lebih murah (listrik),” ujarnya di Balai Kartini, Jakarta.

Kolektor mobil klasik tersebut mengatakan, proses pengerjaan VW Kodok pelahap seterum itu memakan waktu setengah tahun. Karena untuk mendapatkan komponen seperti baterai, motor listrik hingga alat pengisian baterai dari luar negeri.

“Biaya antara Rp500 juta sampai Rp1 miliar, dan proses modifikasinya setengah tahun, karena saya menikmati prosesnya,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic