Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Modal Rp18 Jutaan, Motor Murah Bajaj Disulap Jadi Scrambler Ducati

Bajaj Pulsar 180.
Sumber :

100kpj – Seorang builder sepeda motor asal India, Emraan Shaikh, mengerjakan proyek visioner dengan menyulap Bajaj Pulsar 180 menjadi tunggangan ala scrambler Ducati. Biaya yang dikeluarkan terbilang murah, yakni 92ribu Rupee, atau setara dengan Rp18,9 juta.

Kendati tampilan yang dijadikan contoh berasal dari Ducati, namun Emraan justru memilih komponen KTM sebagai aksesori modifikasinya. Mulai dari suspensi, lengan ayun, knalpot, hingga ke perangkat kelistrikan, seluruhnya mencomot kepunyaan Duke 390.



Tubuh Pulsar Scrambler itu dilaburi warna dual-tune yang sedikit samar, yakni coklat tua dan hitam. Di sekitar tubuhnya, tak terlihat banyak aksen, atau guratan penghias. Hanya terpasang plakat di bagian tangki dan permukaan bawah kendaraan. Serta penyematan angka di irisan tengah yang terletak persis di bawah dudukan.

Selain itu, stang kendali juga dibuat lebih lebar, agar nyaman saat berkendara dengan posisi badan merunduk. Sedang kaca spion dirancang menyatu dengan tungkai stang, sehingga terlihat seperti sepasang tanduk berukuran mungil.



Setelah melalui serangkaian bore-up, Pulsar Scrambler itu menjadi lebih bertenaga, dengan mengusung kapasitas 220cc berpendingin cairan. Pembekalannya tersebut membuat mesin mampu memuntahkan tenaga 17 daya kuda serta torsi maksimum 14,22 Newton meter.

Sebagai tambahan informasi, Bajaj Pulsar 180 sendiri memiliki harga jual Rp17,5 juta. Apabila digabungkan dengan seluruh biaya modifikasi, Emraan hanya memerlukan sekitar Rp36,4 juta untuk menciptakan motor layaknya Ducati Scrambler yang terkenal mahal.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)
Berita Terkait
hitlog-analytic