Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menperin Ungkap 1 Siasat Jitu Biar Mobil Listrik Diminati Orang RI

Booth Tesla di IIMS 2021. Foto: Farhan/100KPJ.
Sumber :

100kpj – Meski mengalami pertumbuhan minat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun konsumen mobil listrik belum mampu melampaui—atau minimal mendekati jumlah pembeli mobil bensin. Itulah mengapa, sejumlah siasat mulai dilakukan pemerintah, mulai dari penyediaan infrastruktur hingga regulasi terkait.

Bukan hanya itu, Menteri Perindustrian (Menperin) memiliki strategi lain untuk meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk membeli mobil listrik, yakni dengan mengadakan kompetisi modifikasi yang dikhususkan untuk kendaraan berbasis elektrik.

"Kompetisi seperti ini merupakan bentuk nyata dukungan pemerintah dan partisipasi aktif dari sektor swasta dan asosiasi (di industri otomotif)," ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Sony Sulaksono melalui sambungan virtual, dikutip dari Antara, Selasa 3 Agustus 2021.

Tesla Modifikasi. Foto: Deepend.

Baca juga: 4 Alasan Tesla Putuskan Beli Nikel dari Australia, Bukan Indonesia

Lebih jauh, dia menambahkan, kompetisi modifikasi merupakan salah satu bentuk komersialisasi kendaraan. Sebab, masyarakat—terutama yang menyukai dunia modifikasi—menjadi lebih familiar terhadap mobil listrik.

"Kegiatan kompetisi ini diharapkan akan mendorong tidak hanya ide kreatif yang muncul, tapi juga terjadi industrialisasi dalam bentuk komersialisasi dari kendaraannya,” urai Sony.

Berita Terkait
hitlog-analytic