100KPJ

Cara Gampang Reset Motor Injeksi, Atasi Brebet dan Tak Bertenaga

Share :

100kpj – Salah satu cara yang acap dilakukan bagi pemilik sepeda motor saat tunggangan brebet, kurang tenaga, atau stasioner terasa tak rata, yakni dengan mereset dan mengatur injeksi sepeda motor.

Umumnya, pengerjaan dilakukan di bengkel resmi. Seperti misalnya Honda, yang acap menggunakan alat khusus bernama HIDS. Fungsi dari mereset ECU dan DTC sendiri untuk mengembalikan setelan injeksi ke standar pabrik.

Reset diperlukan agar semua memori soal rekaman apa saja yang telah terjadi pada motor, mulai dari aki masalah, motor jatuh, konektor lepas, hingga kabel putus yang terdapat di ECM dapat hilang.

Di Honda, setting injeksi ini berlaku untuk tipe motor matik injeksi baik non ESP dan ESP, beberapa motor bebek juga mengaplikasikan setting ini. Selain mudah melakukannya, setting ini juga amat berfungsi mengembalikan performa mesin.



Bagaimana caranya? Berikut seperti dikutip Federal, Selasa 20 Agustus 2019:

Pertama-tama, carilah posisi tempat DLC. Bagi motor jenis Beat eSP, posisinya ada di bawah jok. Lepaskan dulu dek mesin dan box dudukan jok. Setetah ketemu lepaskan pengunci pada DLC tersebut.

Selanjutnya, tak kalah penting, pastikan kontak dalam keadaan off, lalu jumper DLC pada kabel yang berwarna coklat dengan hijau atau hitam.

Setelah DLC sudah dijumper, nyalakan kontak ke posisi on. Hitung selama tiga detik lalu cabut jumper pada DLC. Setelah dicabut, hitung lagi selama lima detik, lalu pasang kembali jumpernya ke tempat semula.



"Kalau indikator lampu MIL berkedip cepat seperti lampu sein, berarti reset berhasil dan kontak dapat dimatikan ke posisi off."

Tahap selanjutnya yakni reset ECU. Hal yang mesti diperhatikan, yakni pastikan jumper masih terpasang. Lalu buka gas sampai penuh dalam posisi kontak off. Kemudian, nyalakan kontak ke posisi On. Tunggu lampu MIL berkedip.

"Lepaskan gasnya saat lampu MIL berkedip. Biarkan selama tiga detik, lalu off kan kontaknya. Cabut jumper DLC dan selesai."

Jika sudah selesai, Anda bisa mencoba menyalakan motor dengan status sudah direset ECU dan DTC-nya. Jangan lupa, apabila indikator MIL masih berkedip lihat kabel pada motor, pastikan tidak ada soket yang terlepas atau kabel yang putus, karena itu dapat membuat lampu indikator MIL berkedip.

BACA JUGA:

Pembangunan Sirkuit MotoGP Lombok 2021 Terus Dikebut, Begini Wujudnya

BACA JUGA:

Menarik untuk Dilirik, 10 Mobil Bekas dengan Harga Rp50 Jutaan

Share :
Berita Terkait