100KPJ

Ada Hewan Mendadak Nyebrang Jalan, Pemotor Harus Apa?

Share :

100kpj – Saat melintasi pemukiman warga, pemotor bakal dihadapi kemungkinan bertemu hewan ternak, seperti sapi, kambing, ayam, atau bebek yang tiba-tiba menyebrang jalan. Lantas, pada situasi tersebut, apa yang bisa dan harus dilakukan pengendara roda dua?

Disitat 100KPJ dari Wahana Honda, Senin 27 Desember 2021, saat hewan mendadak melintas dari satu sisi ke sisi lainnya, pemotor biasanya dalam kondisi tak siap. Sehingga, keputusan pertama yang diambil adalah menekan tuas rem dalam-dalam.

Padahal, cara tersebut sebenarnya berbahaya. Sebab, dengan menekan rem tiba-tiba, pemotor mungkin bisa mencegah kendaraannya menabrak hewan, namun potensi terjatuh dan tergelincir juga cukup besar.

Biar tak keliru dalam mengambil keputusan, berikut tiga hal yang mesti dilakukan saat bertemu hewan yang mendadak menyebrang jalan.

1. Lakukan scanning

Yang dimaksud dengan scanning adalah memantau keberadaan hewan yang akan menyeberang jalan dan mencegahnya. Teknik ini diyakini bisa diterapkan ketika menghadapi hewan yang berukuran relatif kecil, seperti unggas, ayam, tikus, kucing, maupun anjing yang memang bisa diusir dengan membunyikan klakson atau suara geberan gas dari motor.

Share :
Berita Terkait