100KPJ

Rekam Jejak Baik, Produksi Moge Yamaha Akan Dialihkan ke Pulogadung dari Jepang

Share :

100kpj - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjadi salah satu pabrikan, atau produsen motor terbesar di Tanah Air. Hampir semua produk yang mereka pasarkan dibuat lokal, baik jenis matik, naked bike, atau sport bike.

Pabrik berlokasi di Pulogadung, Jakarta Timur, dan Kawasan Industri Karawang, Jawa Barat, secara total kapasitas produksinya 7.000 unit per hari. Bukan hanya memenuhi pasar domestik, namun motor Yamaha buatan lokal di ekspor ke sejumlah negara.

Kedua pabrik tersebut sudah beroperasi selama puluhan tahun, untuk Pulogadung mendominasi motor dengan kapasitas mesin di atas 125cc, seperti maxi Yamaha yang terdiri dari NMAX 155, Aerox 155, XMAX 250, MT15, MT25, R15, R25, XSR 155, Vixion 155, WR155, hingga R3 untuk ekspor.

Sementara pabrik di Karawang memproduksi motor-motor kecil seperti Yamaha Vega, Jupiter, Mio M3, Fino, Lexi, Grand Filano, Fazzio, FreeGo 125, Gear 125, X-Ride 125, Jupiter Z1, dan Vega Force, namun pabrik tersebut juga ikut bantu produksi NMAX, dan Aerox.

Presiden Direktur dan CEO YIMM, Dyonisius Beti mengatakan, sampai sekarang pabrik Yamaha di Indonesia sudah produksi lebih dari 2 juta unit untuk pasar ekspor dan domestik. Untuk ekspor CBU ke 40 negara, yang terbagi 22 negara dari pabrik Pulogadung.

"Penjualan ekspor ini sudah mencapai standar global hampir tidak ada klaim besar, hanya batas kecil. Diapresiasi konsumen Jepang, Eropa, Amerika, dan NMAX, XMAX, maupun Mio, dan Classy yang sudah kita ekspor di negara Asia," ujar Beti di Jakarta, Kamis 31 Agustus 2023.

Share :
Berita Terkait