100KPJ

Penasaran, Apa Sih Arti 'CBR' di Motor Honda?

Share :

100kpj – Saat berbicara mengenai motor sport buatan Jepang, agaknya sulit mengesampingkan nama Honda CBR. Pertama masuk Indonesia pada 2002 silam, kuda besi tersebut telah memiliki tempat tersendiri di hati konsumen Tanah Air. Terutama, mereka yang berasal dari kalangan muda.

Kendati peminat CBR tergolong besar, namun tak banyak yang mengetahui arti atau makna di balik namanya. Padahal biasanya, nama merupakan gambaran ringkas dari karakteristik serta keunggulan suatu produk. Lantas dengan mengetahuinya, kita menjadi lebih sedikit mengerti tentang kendaraan yang hendak dibeli.

Pada 2014 lalu, laman Autoevolution pernah mencari tahu makna di balik nama CBR. Menurut mereka, kepanjangan CBR masih diperdebatkan lantaran Honda Global tak pernah memberikan keterangan secara pasti.

Baca juga: Dikenal Motor Merakyat, Ternyata Ini Lho Kepanjangan BeAT

Sebagian menyebut CBR merupakan kepanjangan dari Closed Body Racer, namun ada pula yang mengatakan CBR merupakan singkatan dari Commuter Bike Racer. Bahkan tak sedikit yang berpendapat, CBR ialah Cross Beam Racer yang berasal dari fakta bahwa CBR menggendong mesin yang ditempatkan di seluruh bingkai balok motor.

Share :
Berita Terkait