100KPJ

Masuk Daftar Manipulasi Hasil Uji Tabrak, Toyota Vios Baru Tetap Dijual di RI

Share :

100kpj – All New Vios resmi meluncur di Indonesia pada Rabu 12 Oktober 2022. Toyota Vios generasi terbaru berstatus impor, atau dibawa utuh dari Thailand melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsen. 

Dengan begitu, Toyota Vios terbaru untuk pasar Indonesia termasuk dalam daftar model yang data hasil uji tabraknya dimanipulasi oleh Daihatsu, sebagai pabrikan. 

Sebanyak 76.289 unit Toyota Yaris Ativ, atau Vios terbaru yang diproduksi di Thailand, dan Malaysia pada Agustus 2022 termasuk model yang data hasil uji keselamatannya bermasalah. Lalu apakah tetap dijual?

“Sejauh kami berkoordinasi dengan principal karena hal ini terkait sertifikasi maka unit-unit yang dipasarkan di Indonesia tidak terlibat ya,” ujar Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmy Suwandi kepada 100kpj, Selasa 2 Mei 2023.

Menurutnya Toyota Vios yang dipasarkan sudah sesuai dengan regulasi keamanan yang berlaku di Indonesia, sehingga tidak ada masalah dalam izin pemasarannya.

“Untuk domestik Indonesia khususnya terkait unit-unit yang di informasikan (bersama dengan model lain) kami di TAM pastikan sudah dihomologasi untuk dapat izin dipasarkan oleh pemerintah Indonesia,” tuturnya.

Share :
Berita Terkait