100KPJ

Mobil Listrik Harga Rp200 Jutaan Ini Bikin Gak Pusing Mikirin Cas Baterai

Share :

100kpj – Produsen mobil di China benar-benar gencar dalam memasarkan kendaraan listriknya. Terbaru ada Livan Auto yang meluncurkan mobil listrik cukup canggih dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Livan RL9.

Dilansir dari Carnewschina, Senin 19 Desember 2022, Liva RL9 sebenarnya sudah dipamerkan di Chongqing Auto Show, China, Juni lalu. Mobil bergaya SUV ini menggunakan platform Global Battery Rapid Change atau GBRC.

Platform tersebut memungkinkan baterai yang dipasang di bagian bawah mobil, untuk dilepas dan diganti dengan yang kondisinya sudah terisi penuh. Sistem tukar baterai ini sebelumnya telah diterapkan pada sepeda motor, dan saat ini mulai dipasang di kendaraan bermotor roda empat.

Alhasil, pemilik mobil pun tak perlu repot untuk mengecas baterai. Kabarnya, untuk mengganti baterai kosong dengan baterai baru yang telah terisi, waktu yang diperlukan hanya sekira 1 menit.

Livan RL9 adalah kendaraan hasil kolaborasi pabrikan otomotif Geely dan Lifan, mereka dalam waktu tiga tahun ke depan berencana mendirikan tempat penukaran baterai mobil listrik sebanyak 5.000 lokasi di China.

Soal spesifikasi, Livan RL9 ini menggunakan motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga 150 kW dan torsi 310 Nm. Sementara baterainya tersedia dua varian dengan jangkauan maksimum 380 km dan 470 km, bahkan ke depannya ada yang bisa menempuh jarak 700 km.

Share :
Berita Terkait