100KPJ

Suzuki, Daihatsu dan Toyota Bergabung Demi Bikin Mobil Listrik

Share :

100kpjSuzuki Motor Corporation dan Daihatsu Motor Co akhirnya resmi bergabung guna membangung sebuah mobil listrik komersial. Keduanya, gabung dalam proyek yang dipimpin oleh Toyota.

Menjadi partisipasi dalam proyek ini, Suzuki dan Daihatsu masing-masing mengakuisisi 10 persen saham yang diterbitkan Commercial Japan Partnership Technologies. Yakni, perusahaan patungan dari Toyota.

Baca Juga: Yamaha R15 Baru Kepergok Tes di Jalan Raya, Banyak Perubahan

Bergabungnya para pabrikan otomotif besar di Jepang ini guna membawa elektrfikasi dan kendaraan otonom ke kendaraan komersial. Daihatsu dan Suzuki akan bergabung dengan Isuzu dan Hino, unit truk dan bus Toyota, dalam kemitraan yang dibentuk awal tahun ini.

Daihatsu dan Suzuki sendiri memiliki keunggulan dalam kendaraan mini, dengan menyumbang sekitar 31 juta unit dari 78 juta kendaraan di Jepang. Nantinya mobil listrik hasil kolaborasi Daihatsu, Suzuki dan Toyota akan tetap terjangkau harganya.

"Kolaborasi baru ini juga bertujuan untuk menyebarluaskan teknologi keselamatan dan elektrifikasi canggih yang terjangkau untuk kendaraan mini melalui pemanfaatan kekuatan Suzuki dan Daihatsu dalam manufaktur berkualitas tinggi dan berbiaya rendah serta teknologi CASE (Connected, Autonomous, Shared, Electric) Toyota," bunyi pernyataan Toyota.

Share :
Berita Terkait