Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hati-hati Salah Pasang Harus Beli Busi Baru

Ilustrasi Busi
Sumber :

100kpj – Busi motor memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil, lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Selain itu, busi kendaraan diciptakan untuk dapat bertahan pada perubahan suhu yang ekstrim, dalam siklus isap dan buang di dalam ruang bakar secara berulang. Salah satu komponen penting busi yang harus memiliki daya tahan tinggi adalah bagian insulator.

NGK Busi memproduksi insulator businya di Jepang dengan menggunakan bahan keramik alumina bermutu tinggi, dengan melalui proses fabrikasi yang sangat presisi dan kompleks, agar insulator memiliki sifat yang getas dan sangat keras sehingga dapat bekerja optimal dan memiliki daya isolasi yang kuat dan tahan terhadap perubahan suhu di ruang bakar.

Akan tetapi, resiko retaknya insulator busi tetap dapat terjadi. Beberapa faktor penyebab retaknya insulator ternyata terjadi saat proses handling yang tidak tepat, yaitu busi terbentur dalam momentum yang keras dengan material yang lebih kuat, dan proses pemasangan busi menggunakan kunci busi yang tidak sesuai atau menggunakan sembarangan kunci busi.

Busi

Perlu diwaspadai, insulator busi yang retak dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada kinerja sebuah mesin kendaraan. Hal tersebut tak lepas dari fungsi busi yang teramat vital dalam proses pembakaran pada mesin berbahan bakar bensin.

Insulator busi berfungsi untuk mencegah bocornya arus bertegangan tinggi yang dialirkan koil ke elektroda pusat busi.

Berita Terkait
hitlog-analytic