Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Selain Untuk Melumasi, Ternyata Oli Mesin Punya Fungsi Lain

Oli Mesin Motor
Sumber :

100kpj – Pelumas atau oli merupakan salah satu elemen penting di dalam sistem kerja mesin motor dan mobil, pasalnya oli punya fungsi penting dalam mengurangi gesekan-gesekan antar komponen dalam mesin.

Tujuannya, agar komponen-komponen mesin yang terdiri dari ratusan part tersebut tidak cepat rusak, sehingga bikin mesin motor panjang umur. Nah, selain itu ada fungsi lain dari oli atau pelumas, seperti pendingin. Maksudnya selain melindungi gesekan, oli mesin juga bisa mendinginkan mesin.

Karena seperti dilansir dari laman Federal Oil, ada formula-formula yang terkandung dalam oli yang dapat mengurangi panas yang berlengin pada mesin, apalagi jika dalam perjalanan jauh.

Pelumas atau oli juga dapat mengurangi karat, pasalnya di dalam kandungan oli terdapat aditif yang berfungsi untuk anti karat, Fungsi ini sangat membantu mesin yang berbahan dasar logam sehingga kemungkinan besar dapat timbul karat akibat tercampurnya dengan elemen lain. Ketika mesin berkarat, kondisi tersebut akan membebani kerja mesin.

Federal Oil

Nah, zat aditif juga bisa berfungsi untuk membersihkan komponen di dalam mesin, pada Federal Oil zat tersebut dinamakan Double Act Cleaner, sehingga dengan adanya teknologi tersebut, kotoran akan dibawa ke filter oli yang kemudian disaring menjadi bersih.

Banyaknya aditif yang terdapat pada beberapa produk oli tentunya sudah melalui penelitian yang panjang.

Berita Terkait
hitlog-analytic