Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Belum Banyak Yang Tahu, Tarik Rem Tangan Saat Parkir Merusak Mobil

Rem tangan versi konvensional di mobil
Sumber :

100kpj – Setiap kendaraan tentu dilengkapi rem sebagai standar keselamatan. Selain berfungsi menghentikan laju kendaraan, komponen tersebut dapat membantu pengguna mobil ketika parkir, atau berhenti di jalan menanjak, dan menurun.

Komponen yang dimaksud dapat digunakan saat parkir, atau menahan mobil ketika berhenti di jalan menanjak dan menurun biasa disebut rem tangan. Sebab untuk mengoperasikannya menggunakan tangan kiri, bukan kaki.

Umumnya mobil harga di bawah Rp200 jutaan masih mengadopsi rem tangan model manual, yakni membutuhkan tenaga untuk menariknya. Berbeda dengan mobil mewah yang sudah menganut sistem elektrik untuk rem tersebut.

Hanya menekan tombol untuk mengaktifkan rem tangan elektrik. Namun baik dioperasikan manual atau elektrik, umumnya rem tersebut digunakan saat mobil terparkir. Tujuannya agar kendaraan tidak bergerak maju atau mundur.

Terlebih permukaan jalan saat parkir tidak rata, tapi sebagian orang belum banyak yang tahu kalau fitur tersebut kerap diaktifkan ketika parkir bisa merusak mobil. Terutama jika waktu mobil berhenti di lahan parkir terlalu lama, kok bisa?

Melansir Suzuki Indonesia, Senin 28 September 2020, terlalu lama parkir dengan rem tangan, kampas rem bisa terlepas dari pelat, atau besi peyangga. Umumnya kampas yang terlepas terjadi pada rem belakang yang masih tromol. 

Berita Terkait
hitlog-analytic