Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mitos atau Fakta, Sering Gonta-ganti Oli Mesin Mobil Akan Cepat Rusak

Ilustrasi pergantian oli mobil
Sumber :

100kpj – Memiliki mobil dengan kondisi prima tentu menjadi impian setiap orang. Namun untuk mewujudkannya pemilik mobil harus rajin melakukan perawatan sesuai ketentuan yang berlaku, diantaranya rutin mengganti oli mesin.

Oli mesin yang berfungsi melumasi seluruh komponen penting di dalam ruang pembakaran, tentunya memiliki masa pakai. Sehingga sudah sewajarnya pelumas tersebut wajib diganti sesuai jarak tempuh, atau waktu pemakaian.

Ada sejumlah brand oli yang tersebar dipasaran, begitu juga dengan spesifikasi formula hingga tingkat kekentalan atau SAE yang beragam. Sehingga ada beberapa pemilik mobil yang bingung jika ingin mengganti pelumas.

Pelumas alias oli.

Bahkan ada juga yang hanya sekadar coba-coba dengan menyesuaikan kondisi kantong. Lantas apakah aman jika mobil sering menggunakan oli yang berbeda-beda?

Agung Prabowo, Technical Specialist PT Pertamina Lubricant, mengatakan, setiap oli memiliki formula berbeda-beda, bahkan satu brand saja belum tentu sama. Sebab oli mesin diciptakan sesuai dengan mesin dari kendaraan tersebut.

“Setiap merek oli memiliki formulasi dan senyawa yang berbeda-beda, percampuran antara senyawa itu lah yang menimbulkan endapan dan berdampak buruk pada performa mesin,” ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic