Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

7 Trik Jitu Agar Bahan Bakar Mobil Lebih Irit, Dijamin Jarang ke SPBU?

Isi Bensin
Sumber :

100kpj –  Setiap mobil memiliki kapasitas mesin, serta teknologi yang berbeda-beda. Sehingga konsumsi bahan bakar dari setiap mobil tidak akan sama, tergantung dari volume mesin, serta fitur-fitur yang ada di  dalam mobil tersebut.

Namun ada beberapa faktor yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros, diantaranya gaya berkendara, hingga kondisi mobil tersebut. Lantas gimana caranya agar bahan bakar lebih irit, sehingga jarang mampir ke SPBU?

Dilansir dari situs resmi Toyota Indonesia,ada 7 trik jitu agar mobil tetap irit bahan bakar. Yang pertama antisipasi lalu lintas, karena dengan pengereman tiba-tiba, serta akselerasi mendadak banyak bahan bakar yang terbuang.

Indikator Bensin di Mobil.

Yang kedua perhatikan batas kecepatan, sebab jika terus melaju di atas 80 km/jam bahan bakar yang terbuang jadi lebih banyak. Tapi semakin lama mobil tersebut cruising di kecepatan tetap maka semakin irit, namun sulit diterapkan di kota-kota besar.

Sebab kondisi jalan di Indonesia terutama di kota-kota sering terjadi kemacetan, maka cukup sulit mendapatkan kecepatan stabil. Karena kondisi stop and go juga membuat mobil semakin boros, meski mobil tidak berjalan, namun memang tetap hidup.

Cara ketiga adalah mengurangi beban kendaraan, karena setiap penambahan beban 50 kilogram konsumsi bahan bakar meningkat dua persen. Biasanya efek yang paling terasa untuk ukuran mobil kompak dengan power mesin yang kurang memadai.

Berita Terkait
hitlog-analytic