Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ternyata Ada Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Mobil Saat Musim Hujan

Ilustrasi mencuci mobil
Sumber :

100kpj – Memiliki mobil dengan kondisi eksterior yang mengkilap tentu menjadi harapan semua orang, namun ada banyak hal yang perlu dilakukan sang pemilik. Salah satunya menjaga bodi mobil tetap bersih, dengan melakukan pencucian.

Terlebih kondisi cuaca seperti saat ini, di mana terkadang masih sering turun hujan di beberapa daerah termasuk Jakarta. Lantas dengan kondisi cuaca yang tak menentu, kapan waktu mencuci mobil yang tepat agar bodi selalu bersih?

Mantan Technical Support Meguiars Indonesia, Fadillah menyebut, sebaiknya setelah mobil diguyur hujan wajib dicuci. Sebab jika dibiarkan body, atau kaca akan timbul noda atau bahkan berjamur karena air hujan yang sudah mengering. 

Cuci mobil robotik

“Kadar garam air hujan tinggi, jadi potensi cat mobil rusak cukup besar jika dibiarkan. Solusinya harus rutin mencuci jika mobil diguyur air hujan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, proses pencucian dan komponen yang digunakan juga perlu diperhatikan, salah satunya adalah pemilihan shampoo. Usahakan sabun cair, atau shampor khusus mobil yang memiiki kandungan PH balance sesuai.

“Shampoo untuk mencuci mobil harus memiliki kandungan PH balance atau tingkat keasaman di angka tujuh. Karena shampoo yang bagus dapat mencegah jamur yang diakibatkan dari kandungan air tanah yang kurang bagus,” katanya.

Berita Terkait
hitlog-analytic