Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penyebab dan Akibat Knalpot Mobil Ngebul serta Solusinya

Knalpot mobil berasap atau ngebul
Sumber :

100kpj – Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang digunakan banyak orang selain sepeda motor. Ada beberapa komponenan guna menunjang kinerja sebuah mobil, salah satunya yaitu knalpot.

Knalpot bertugas sebagai pembuangan gas dari hasil metabolisme kendaraan. Mesin tersebut biasanya terletak di bagian belakang bawah bodi mobil. Akan tetapi, sering kali saat pemakaian asapnya mengalami ngebul.

Dilansir dari situs resmi Suzuki, penyebab dari terjadinya ngebul yang pertama adalah pengeluaran emisi oleh mobil dari hasil pembakaran dalam mesin. Hal inilah yang kebanyakan terjadi pada knalpot mobil, di mana dikeluarkan gas dengan kandungan karbon yang tinggi sebagai pemicu polusi udara. Karbon dari hasil emisi yang dikeluarkan mobil sendiri seharusnya tidak berwarna karena sudah bercampur dengan udara di sekitar.

Akan tetapi, terkadang juga ditemukan sisa emisi yang dikeluarkan mobil justru memiliki beberapa warna hingga selain menimbulkan polusi juga menghalangi penglihatan. Kondisi ngebul sendiri sebenarnya sudah berupa keadaan tidak normal mobil dalam melakukan emisi.

Sehingga dapat dikatakan penyebab ngebul yang berikutnya adalah karena memakai bahan bakar minyak. Penyebab lainnya adalah terjadinya kebocoran pada oli sehingga menjadikannya akan ikut terbakar bersama bahan bakar.

Hal inilah yang terkadang menjadi alasan timbulnya asap dengan warna putih. Terjadinya kondisi ini pun memiliki penyebab awal seperti bocor dari seal. Kebocoran oli selain dari seal hingga merembes, juga bisa dari gasket kepala dan juga silindernya. Hal ini juga akan memicu munculnya kepulan asap warna putih pada knalpot mobil. Penyebab kerusakan berikutnya, yakni ausnya injektor mesin, PCV sistem dan bagian lainnya.

Kondisi kerusakan komponen-komponen dari salah satu mesin mobil inilah yang nantinya juga bisa menjadi alasan bocornya oli, sehingga timbul kepulan. Maka tidak heran jika mobil yang sudah tua tak lagi ramah lingkungan. Hal ini karena kondisi mesinnya yang sudah banyak lecet.

Berita Terkait
hitlog-analytic