Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Penyebab Utama Tenggorokan Gatel dan Bersin Saat di Dalam Mobil

Ilustrasi Takut Saat Ingin Menyetir Mobil
Sumber :

100kpj – Untuk menambah kenyamanan saat mengendarai mobil dibutuhkan udara yang sejuk. Sehingga AC menjadi komponen paling penting, terutama di Indonesa yang memiliki iklim tropis. Namun akan jadi masalah jika kondisi kabin kotor.

Sebab dengan adanya kotoran tersebut, akan berdampak pada filter AC yang bertugas menyaring udara di kabin. Sehingga sirkulasi udara menjadi kurang sehat, dan bisa mengakibatkan tenggorokan Anda gatal tiba-tiba atau bahkan bersin.

National Sales Manager Automotive Aftermarket Division, Bosch Indonesia Agung Sinulingga mengatakan, filter kabin menjadi salah satu komponen yang paling jarang diperhatikan. Karena tdak ada hubungannya dengan kinerja mesin.  

Ilustrasi filter AC

“Padahal sangat berpengaruh dengan diri kita sendiri. Ruangan mobil itu sangat kecil, jauh lebih kecil dari ruangan kamar kita. Udara yang kita hirup dan dhasiilkan dari AC itu seluruhnya tersaring dari filter kabin,” ujarnya, Kamis 14 Mei 2020. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, tanpa sadar udara kotor dihirup saat mengendarai mobil degan ruangan tertutup. Karena filter kabin sudah tidak berfungsi dengan baik, dan sirkulasi udara di dalam tidak bersih sehingga bisa menyebabkan batuk tiba-tiba. 

“Kadang-kadang Anda suka batuk, atau bersin di dalam mobil begitu AC dinyalakan atau merasa tenggorokan gatel. Nah itu adalah masalah pada filter, karena udara yang dihembuskan oleh AC tidak tersaring dengan baik,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic