Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenali Penyebab-penyebab Motor Injeksi Bisa Jadi Boros Bensin

Honda PCX 150 versi lokal.
Sumber :

100kpj – Saat ini sepeda-sepeda motor sudah banyak yang memakai sistem injeksi, tentunya memiliki keunggulan lebih dari karburator. Namun, ada beberapa penyebab yang bisa membuat motor injeksi menjadi boros bensinnya.

Berbeda dari karburator, sistem pengabutan injeksi dikendalikan oleh electronic control unit atau ECU. Hasilnya, jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam mesin lebih optimal.

"Penggunaan ECU, supaya  campuran udara dan bensin di dalam ruang bakar bisa lebih ideal pada segala kondisi," kata Kepala Bengkel Astra Honda Authorized Service Station di Bekasi, Rudi.

Baca Juga:
Konyol, Bagasi Vespa Jadi Tempat Makan Baso hingga Kolam Ikan

Warga Jangan Sembarangan Bikin Polisi Tidur, Ada Denda Rp24 Juta

5 Penyebab yang Bikin Cat Motor Anda Cepat Kusam

Valentino Rossi Terancam Tak Bisa Keluar dari Italia

Meski demikian, beberapa pengguna ada yang mengeluh pemakaian bahan bakar mereka tetap boros. Menurut Rudi, hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal.

"Bisa karena kapasitas mesin yang besar. Makin besar kapasitasnya, akan semakin boros. Walaupun injeksi," ungkapnya.

Selanjutnya, sensor yang mendeteksi kandungan oksigen di dalam gas buang mesin. Jika rusak, maka ECU tidak bisa mengatur jumlah bensin dengan sempurna.

Kalau rusak, harus ganti baru, enggak bisa diperbaiki. Karena, sensor ini bukan termasuk rangkaian elektrik yang bisa diakali," katanya.

Menggunakan ukuran ban sesuai dengan spesifikasi standar, serta mengontrol kondisi tekanan angin ban, bisa memberikan dampak cukup signifikan terhadap efisiensi konsumsi bensin.

"Penggunaan ban dengan tapak yang semakin besar, juga berpengaruh. Karena, motor butuh tenaga lebih untuk membuat roda berputar. Jadi, pasti akan pakai banyak BBM," ujarnya menjelaskan.

"Bisa juga pelat kopling mulai aus. Akibatnya, putaran mesin tidak tersalurkan sepenuhnya. Meski mesin bekerja dalam putaran tinggi, tapi output mesin enggak ada," paparnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic