Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Sampai Celaka, Begini Cara Berkendara Aman saat di Dekat Truk

Motor Menyalip Truk
Sumber :

100kpj – Di Indonesia, mobil dan motor harus berbagi jalan dengan truk. Bahkan, kendaraan bertubuh besar itu kadang nekat melintasi jalan sempit dengan tujuan mempersingkat waktu. Akibatnya, pengguna jalan lain harus berhati-hati, supaya tidak terjadi hal yang tak diharapkan. 

Seperti yang kita ketahui, tubuh truk yang raksasa, membuat pengemudinya tak bisa memantau situasi dari berbagai penjuru arah. Kondisi tersebut dinamakan titik buta atau kerap disebut blind spot.

"Blind spot di truk itu banyak sekali. Jadi, ini harus menjadi perhatian bagi pengemudi truk itu sendiri, maupun pengendara lain di jalan," ujar Instruktur Professional Defensive Driving Course, Ahmad Hendrajit, seperti yang termuat di laman VIVA.

motor truk

Titik buta di bagian depan truk, kata Ajit, ada di sekitar area roda depan, tepatnya setengah badan truk hingga roda. Area tersebut akan sulit terlihat pengemudi truk, sehingga akan berisiko bila ada kendaraan lain yang lebih rendah, seperti sepeda motor maupun mobil.

Baca juga: Kaget, Bawa Air Mineral ke dalam Mobil Ternyata Bisa Picu Kebakaran

Selain itu, titik buta lainnya ada di sekitar bumper truk. Dirinya mengatakan, jarak tiga sampai lima meter di sekitar bumper truk juga menjadi wilayah yang sulit terlihat pengemudi truk, terutama truk yang berukuran besar.

Berita Terkait
hitlog-analytic