Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Anggap Sepele, Busi Tidak Pernah Diganti Begini Risikonya

Busi sepeda motor.
Sumber :

100kpj – Busi adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor, pasalnya busi punya peranan sangat vital dalam sistem pengapian pada mesin motor. Secara sederhana fungsi busi motor untuk mengubah tegangan listrik, yang disalurkan koil menjadi percikan api yang nantinya membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang dikompresi kemudian menggerakkan mesin. Mesin membutuhkan busi untuk bergerak karena busi yang memercikkan campuran antara bahan bakar dan udara.

Perlu diingat bahwa busi juga menjadi bagian kendaraan roda dua memiliki masa, karena pada umumnya setelah menempuh jarak lebih 6000 km busi berkurang kinerjanya dan perlu untuk diganti. 

Nah, jika dibiarkan ada beberapa resiko yang berakibat negatif pada sepeda motor. Seperti dilansir dari Honda Wahana berikut beberapa akibat jika busi yang masa pakainya sudah tidak layak, tapi masih dipaksakan untuk dipakai.

Performa kendaraan menjadi loyo

Penurunan performa atau akselerasi menjadi loyo adalah dampak yang mungkin akan terasa ketika busi yang sudah lama tidak diganti. Keadaan tidak nyaman tersebut bisa terjadi, lantaran ketika komponen itu sudah lama, umumnya akan terjadi perubahan celah atau gab. Di mana celah yang dimaksud adalah celah antara elektroda dan groudnya.

Akibat kondisi itu busi yang bertugas mempercikan listrik atau api tidak stabil (Missfire) dan menyebabkan pembakaran motor jadi tidak sempurna. Alhasil, mengakibatkan deretan perubahan performa pada kendaraan sehingga kendaraan kita dirasakan tidak seperti baru kembali atau ketika dipacu untuk berlari kencang seperti terasa berat.

Busi tidak diganti bisa menyerang komponen lain

Berita Terkait
hitlog-analytic