Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ban Tidak Tertusuk Paku tapi Kempes, Ini Penyebabnya

Merawat Ban
Sumber :

100kpj – Ketika ban kempes hal pertama yang dipikirkan adalah bahwa ban tersebut bocor tertusuk paku atau benda tajam lainnya, namun ternyata ada hal lainnya yang bisa menyebabkan ban motor kehabisan angin.

Seperti dilansir dari Corsa Tire, penyebab ban kempes selain karena tertusuk paku sering disebabkan oleh kurangnya perawatan dan perhatian pemilik motor, terhadap ban di sepeda motornya hingga menyebabkan angin dalam ban berkurang. Ini beberapa sebab ban kempes walau tidak tertusuk paku.

Merawat Ban

Kurangnya Tekanan Angin 

Seiring berjalannya waktu, partikel udara dalam ban akan menyusut. Hal inilah yang membuat tekanan angin berkurang. Saat hal ini terjadi, lipatan akan terbentuk di dinding samping ban. Akibatnya ban tidak mampu menahan beban sepeda motor. Untuk menghindari hal ini terjadi lakukanlah pengecekan tekanan angin mininal sebulan sekali.

Kendornya Pentil

Pentil ban berperan sebagai tempat masuk dan keluarnya angin dari ban. Apabila terjadi kekendoran, maka angin dapat keluar secara perlahan dari daerah pentil. Untuk mengetahui adanya kebocoran pada daerah pentil, kamu dapat membasuh air sabun pada daerah pentil ban. Apabila ada gelembung maka terdapat kebocoran halus.

Berita Terkait
hitlog-analytic