Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Panik, Begini Pertolongan Pertama Motor Kena Banjir

Motor Tenggelam Banjir di Senayan
Sumber :

100kpj – Beberapa hari lalu, sejumlah wilayah di Tanah Air disergap banjir. Jalan-jalan pun banyak yang tergenang. Jika Anda berada dalam kondisi di tengah jalan dan membawa motor, pasti terbersit untuk nekat menerobos genangan banjir.

Nah berikut ini ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan saat motor menerja banjir, seperti dikutip situs resmi Honda, Sabtu 4 Januari 2020.

Pertama, jika motor anda brebet saat digunakan, apalagi setelah melewati banjir maka Anda bisa melakukan pengecekan segera pada bagian busi motor. Jika memang sudah tidak berfungsi Anda bisa ganti dengan yang baru.

Motor terendam banjir


Tapi apabila masih berfungsi Anda bisa bersihkan bagian ujungnya agar petikan (percikan api) lebih sempurna.
   
Kedua, Anda juga bisa melakukan pengecekan pada kondisi filter udara, biasanya setelah motor menerjang banjir yang ketinggian air melebihi batas atau air banjir sampai di atas karburator maka wajib melakukan bongkar filter udara.

Hal ini tentunya bertujuan jika air membasahi filter udara maka filter udara wajib dikeringkan atau Anda bisa mengganti dengan yang baru.
   
Ketiga, jika motor Anda brebet atau bahkan kadang-kadang mogok, hal tersebut bisa dikarenakan motor Anda kemasukan air. Untuk langkah yang bisa Anda kerjakan yaitu dengan membuang air di dalam mangkok karburator lewat lubang pembuangan.

Cara Bijak Hadapi Banjir


Langkah terakhir atau keempat, yaitu melakukan pengecekan kondisi oli motor. Jika air masuk ke bak bensin, maka dipastikan oli motor juga akan bercampur dengan air. Air bisa masuk ke dalam oli karena peputaran maka oli di dalam air akan bercampur jadi satu yang akan mengakibatkan oli berubah menjadi putih (milky) yang akan merusak komponen part di dalam mesin motor.
Berita Terkait
hitlog-analytic