Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Membahayakan! Ini Penyebab Ban Motor Bisa Jadi Benjol

Ban Motor Botak
Sumber :

100kpj – Ban menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor. Maka itu, kondisi ban pun harus selalu dijaga dan diperhatikan selalu agar Anda selalu aman serta nyaman dalam berkendara.

Karena saking pentingnya itulah kondisinya patut diperhatikan betul, apalagi bersentuhan langsung dengan aspal.

Dilansir dari situs Federal Oil, selain kualitas komposisi ban yang harus dicermati, baik dari luar hingga bagian dalam ban, tekanan angin pada ban sepeda motor juga perlu diperhatikan secara khusus.

"Tekanan angin ban motor tentunya sangat penting dalam berkendara," kata Syukur, salah seorang mekanik outlet ban motor di Jakarta Timur.

Tekanan angin yang terlalu tinggi, kata dia, bakal membuat tapak ban yang kontak dengan permukaan jalan menjadi tidak merata.

Ban Benjol


Begitu pula sebaliknya. Agar ban motor awet dan nyaman dikendarai, disarankan mesti sesuai dengan tekanan ban yang dianjurkan.

Baca Juga: Kehabisan Listrik, Mobil Tesla Polisi Mogok Saat Kejar Penjahat

"Sebaiknya harus sering-sering dicek tekanan angin pada ban motor, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada saat berkendgin ara. Kalau tekanan angin ban motor kurang dari batas minimal, bisa juga ban motor mengakibatkan benjol hingga pecah ban," tambah Syukur.

Di Kondisi Hujan

Saat kondisi hujan maka akan terjadi genangan air di beberapa bagian jalan yang dilalui, oleh karena itu ada baiknya kita melakukan pemeriksaan kondisi alur ban, apakah masih layak digunakan atau tidak.

Alur ban berfungsi untuk membelah atau menerobos genangan air hujan dan tekanan udara pada ban berfungsi agar pengendalian stang lebih ringan ketika menerjang genangan air hujan tersebut.

Perlu diketahui, tekanan angin pada Matic dibagian roda depan motor sekitar 28 hingga 30 psi dan untuk roda belakang menggunakan tekanan angin sekitar 31 - 33 psi. Sementara tekanan angin motor Cub, tekanan roda depan sekitar 29 hingga 30 psi dan dan roda belakang menggunakan tekanan angin 31 – 33 psi.

Berbeda dengan jenis Matic dan Cub, untuk motor jenis sport tekanan angin ban roda depan adalah 39 hingga 41 psi dan roda belakang 39 - 41 psi

Berita Terkait
hitlog-analytic