Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Langkah Mudah Agara Motor Anda Lebih Awet

Ilustrasi bengkel motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Menjaga kondisi sepeda motor Anda tetap prima sebenarnya gampang-gampang mudah bahkan terkadang hal sepele sangat menentukan. Meski usia kendaraan tak dipungkiri akan mempengaruhi kondisi sebuah motor namun sebenarnya ada beberapa perlakuan yang dilakukan agar motor Anda lebi awet.

Seperti dilansir di situs resmi Astra Honda Motor, sebenarnya masalah utama yang sering terjadi pada pengguna motor adalah malas melakukan pengecekan secara rutin atau berkala. Padahal langkah tersebut tak membutuhkan waktu yang lama, apalagi biaya. Justru dengan malas melakukan pengecekan justru Anda berpotensi mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan.

Nah, alangkah baiknya Anda mulai mengikuti 5 langkah mudah untuk menjaga motor tetap dalam kondisi prima:

Mengganti oli gardan pada skutik.


1. Ganti oli mesin secara rutin

Peran oli sangat penting menjaga komponen mesin agar tak mengalami gesekan berlebih, sehingga kerja mesin tetap optimal dan komponen mesin jadi lebih awet. Dan seiring pemakaian, kemampuan oli melumasi komponen yang saling bergesekan akan berkurang. Karena itu perlu dilakukan penggantian secara rutin. Gantilah oli secara rutin dengan spesifikasi oli sesuai anjuran.

Cek Sepeda Motor Saat Musim Hujan


2. Periksa tekanan angin ban

Jaga tekanan angin ban sesuai anjuran. Tekanan angin yang terlalu rendah akan membuat ban cepat rusak dan pengendalian terasa berat. Selain menimbulkan ketidaknyamanan saat bekendara, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih boros. Tekanan angin jangan pula terlalu tinggi karena akan membuat komponen kemudi cepat mengalami kerusakan. Berkendara pun jadi tak nyaman karena ban terasa keras.

Aki Motor

3. Periksa kondisi aki

Berita Terkait
hitlog-analytic