Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Musim Hujan, Ini Cara Gampang Bikin Busi Tak Gampang Masuk Air

Busi sepeda motor.
Sumber :
Ist

100kpj – Musim hujan sudah mulai menyapa. Bagi Anda pemilik motor mesti mempersiapkan diri, mulai dari perlengkapan berkendara seperti jas hujan, dan kondisi kendaraan. Jangan sampai karena hujan, Anda malah direpotkan di jalanan.

Salah satu hal yang sebenarnya patut diperhatikan para pengguna motor adalah potensi masuknya air ke sela-sela komponen kelistrikan motor, terutama busi. Jika ini kejadian, dijamin motor mogok di tengah jalan.

Biasanya air masuk melalui sela-sela cop atau biasa disebut cangklongan busi. Nah untuk menangkalnya, sebenarnya ada tips yang bisa dilakukan di rumah, terutama berkaitan dengan kabel koil dan cop busi.

Seperti dikutip Federal, Minggu 22 Desember 2019, langkah pertama yakni sambungan antara kabel koil dan cop busi bisa ditutup sealer. Karet ini bisa menutupi sela, sehingga menghindari masuknya air menuju sambungan antara koil dan cop busi.

Juga biasa ditemui cop busi yang enggak rapat, air hujan mudah masuk ke dalam busi. Agar celah yang terjadi semakin sempit, bisa aplikasi cop busi yang memiliki bibir karet rapat.

Buat Anda yang ingin bagian businya tidak mudah terkena air, bisa aplikasi cop busi kepunyaan Yamaha Mio, karena bila digunakan hampir enggak ada celah. Jadi, lebih aman bila terkena rembesan air hujan. Selamat mencoba.

Berita Terkait
hitlog-analytic