Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Ditinggal di Rumah saat Berlibur, Apa yang Perlu Perhatikan?

Motor Yamaha NMAX parkir di rumah
Sumber :

100kpj – Memasuki libur natal dan tahun baru, banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan berlibur ke luar kota. Bahkan, bagi kalangan yang mendapat jatah libur lebih panjang, momen tersebut dimanfaatkan untuk pergi bersama keluarga. Sehingga, rumah ditinggalkan tanpa penghuni, dan barang-barang di dalamnya tak tersentuh hingga waktu kepulangan tiba.

Beruntung jika kalian memiliki asisten rumah tangga yang bisa melakukan pengawasan selama kalian berlibur. Jika tidak, hal itu tentu berbahaya. Sebab, barang-barang yang ada di rumah, terutama yang mengandung listrik atau bahan bakar, berpotensi rusak dan alami ledakan. Salah satu yang perlu mendapat perhatian, ialah sepeda motor.

Ilustrasi Parkir Motor di Teras

Mekanik Otomoto Indonesia, Andri Yatin mengatakan, bahwa sepeda motor yang ditinggal lama, biasanya akan mengalami beberapa masalah. Namun, hal itu bisa dicegah dengan memberi perlakuan khusus sesaat sebelum meninggalkannya.

Pertama, utamakan keamanan kendaraan dengan menguncinya secara ganda. Artinya, mengunci setang saja tidak cukup, perlu ada peranti gembok lain yang bisa dipasang di sekitar roda, atau standar sepeda motor.

Jika sudah, langkah berikutnya adalah memberi perhatian pada tiap-tiap komponen sepeda motor, mulai dari tangki, ban, hingga aki kendaraan.

Berita Terkait
hitlog-analytic