Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ada 11 Hal yang Wajib Diperhatikan Pemotor Saat Musim Hujan

Cek Sepeda Motor Saat Musim Hujan
Sumber :

100kpj – Biasanya intensitas hujan pada akhir tahun hingga awal tahun besar, sehingga para pengguna motor dirasa perlu untuk memeriksa dan melakukan perawatan yang harus dilakukan agar kondisi motor tetap prima.

Apalagi air hujan memiliki kandungan zat asam yang dapat menyebabkan bagian besi menjadi berkarat, cat sepeda motor akan menjadi luntur dan dibeberapa bagian akan terasa kurang berfungsi sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan yang tepat saat musim hujan agar sepeda motor yang digunakan tetap dalam kondisi yang prima dan nyaman digunakan. PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat melalui rilis resminya berbagi tips perawatan dan pemeriksaan sepeda motor di musim hujan.

Mencuci Motor

Diwajibkan untuk selalu mencuci sepeda motor ketika sudah terkena air hujan saat diperjalanan. “Air hujan memiliki kandungan zat asam yang dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian sepeda motor bahkan bisa membuat cat luntur permukaan body motor,” ujar Ade Rohman selaku Asisten Manajer Technical Service DAM.

Pemeriksaan Ban

Saat kondisi hujan maka akan terjadi genangan air di beberapa bagian jalan yang dilalui, oleh karena itu ada baiknya kita melakukan pemeriksaan kondisi alur ban, apakah masih layak digunakan atau tidak. Alur ban berfungsi untuk membelah atau menerobos genangan air hujan dan tekanan udara pada ban berfungsi agar pengendalian stang lebih ringan ketika menerjang genangan air hujan tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic