Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Remot Keyless Motor Terkena Air Hujan, Bakal Rusak?

Remot Keyless pada Motor
Sumber :

100kpj – Seiring berkembangnya zaman, pabrikan sepeda motor mulai menciptakan fitur baru yang memudahkan penggunanya. Salah satunya, sistem kunci berteknologi keyless. Tak seperti kunci motor konvensional, fitur ini telah menggunakan remot yang bisa diletakan di tempat aman

Berkat adanya sistem keyless, proses menghidupkan sepeda motor menjadi lebih mudah karena pemiliknya hanya perlu mengantongi remot di saku pakaian atau tas, kemudian putar kenop ke posisi menyala (ON) dan motor bisa dihidupkan.

Remot Keyless pada Motor

Nah, cara kerjanya yang sedemikian praktis, tentu memanfaatkan sistem kelistrikan yang tersemat di dalamnya. Lantas yang menjadi pertanyaan, apakah saat tersiram air hujan, kunci keyless tetap aman dan tidak berpotensi rusak?

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Senin 16 Desember 2019, di dalam remot keyless memang terdapat komponen elektrik untuk menghubungkannya ke ECU motor. Namun, jika tersiram atau terpapar percikan air hujan, dipastikan tidak masalah, dan tidak akan menyebankan kerusakan pada alat tersebut.

Kendati demikian, remot keyless tak boleh sampai terendam air. Sebab, pabrikan hanya merancang alat itu agar aman saat tersiram air dari luar. Namun jika terendam, besar kemungkinan air tersebut masuk dan menyebabkan remot konsleting atau rusak seketika.

Remot Keyless pada Motor
Berita Terkait
hitlog-analytic