Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Penting Setelah Jatuh dari Motor, Jangan Anggap Remeh

Harley yang mengalami kecelakaan.
Sumber :

100kpj – Namanya musibah tentu tak bisa ditolak. Termasuk saat Anda harus mengalami kecelakaan terjatuh dari motor. Rupanya, mengendarai motor setelah mengalami kecelakaan tetap ada tipsnya. Memang terlihat sepele tapi jangan sampai Anda remehkan.

Selain asuransi, tips saat terjatuh dari motor tentu menjadi hal yang penting bagi para biker. Terutama bagi mereka yang sehari-hari menggunakan motor untuk mendukung aktifitasnya.

Hal pertama yang harus dilakukan setelah mengalami kecelakaan tentu memeriksa kondisi Anda sendiri. Hal itu penting dilakukan untuk memastikan Anda dalam kondisi baik-baik saja. Terkadang, secara spontan orang terjatuh justru memeriksa sepeda motornya. Padahal, urusan nyawa tentu tak bisa diperbaiki sedangkan motor yang rusak tentu bisa.

Setelah memastikan kondisi Anda baik-baik saja, baru boleh memulai memeriksa sepeda motor Anda. Tempatkan sepeda motor Anda di tempat datar untuk mendirikannya dengan standar tengah.

Pastikan bagian mesin bersih dan tidak meninggalkan serpihan bekas kecelakaan.Baru Anda mulai menyisir bagian-bagian motor mulai dari roda depan hingga belakang. Pastikan setiap komponen atau part tak mengalami kerusakan, bahkan pada bagian terkecil sekalipun.

Periksa bagian bawah kaliper rem depan dan jangan langsung menekan rem. Jika ada tanda-tanda kerusakan atau benturan, penting untuk memastikan pin penahan tidak tertekuk.Untuk memastikan tidak ada masalah pada pengereman, putar roda depan.

Jika ditemukan kerusakan pada sistem pengereman dan roda, alangkah baiknya tidak dipaksakan. Anda bisa memastikan untuk mencari bengkel terdekat untuk melakukan pergantian kerusakan.

Intinya, dengan pemeriksaan yang dilakukan tersebut tentu akan membuat Anda paham masalah dari motor saat Anda terpaksa harus meneruskan perjalanan entah untuk sekedar ke bengkel atau melanjutkan perjalanan.

Berita Terkait
hitlog-analytic