Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

VIDEO: Eksperimen Motor Dimasukin Gula Pasir, Jebol Tak Karuan

Yamaha R3 rusak usai diisi gula pasir.
Sumber :
Ist

100kpj – Sudah menjadi pameo lama kalau gula pasir bisa membuat mesin motor enggak karuan jika dimasukan ke dalam mesin. Sebagian pihak sependapat. Namun tak sedikit pula yang berpendapat kalau itu hanyalah mitos belaka.

Seperti dikutip dari Speedsociety, Senin 9 Desember 2019, seorang pria pun mencoba pameo ini dengan menguji coba pada mesin yang dimilikinya.

Pengujiannya dilakukan dengan menggunakan media bensin. Pria itu ingin mengetahui, apakah motor benar-benar rusak jika dimasuki bensin yang dicampur gula pasir. Nah, mesin yang digunakan adalah sebuah alat pemotong rumput berbahan bakar sama seperti yang biasa digunakan oleh motor.



Sebelum percobaan, pria itu memperlihatkan bagaimana jeroan mesin dalam kondisi mulus. Baik piston, noken as, hingga dinding silinder. Setelah itu percobaan pun dilakukan.

Pertama-tama, dia memasukan bensin ke dalam wadah botol dan dimasukan gula pasir sesendok deterjen. Keduanya lalu dikocok agar gula pasir menjadi larut.
Tak berapa lama, mesin lalu dimasukan cairan ini.

Dalam percobaan, tak ada yang janggal. Mesin dapat hidup normal seperti biasanya. Tak ada gejala tersendat atau mati mendadak. Yang terlihat hanya, saat di tengah pengujian, mesin itu terlihat mengeluarkan asap.

Setelah bensin habis, bagian dalam mesin lantas diperiksa. Dan alangkah terkejutnya pria itu kala melihat kondisi mesin mengalami kerusakan yang cukup parah, seperti dinding mesin lecet, bahkan timbulkan lubang.



Kasus ini pula yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu di jagat maya, kala sebuah motor Yamaha R3 dijahili seseorang dengan memasukan gula pasir ke dalam motor.



Fakta ini setidaknya disampaikan oleh 888 Superbike. Dalam laporannya, disebutkan kalau motor Yamaha itu langsung rusak tak karuan dan mesin turun mesin untuk memperbaikinya.



Mereka pun memperlihatkan bukti mesin R3 yang dimasukin gula pasir hasil keisengan orang tak bertanggung jawab. Tampak noken as pada baret2, piston dan silinder tentu ikut baret-baret semua.

Lihat video eksperimennya di bawah ini:

Berita Terkait
hitlog-analytic