Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Efek Fatal Lupa Matikan Remote Kunci Keyless Sepeda Motor

Kunci keyless pada sepeda motor.
Sumber :

100kpj – Populasi motor dengan kunci keyless belakangan terus bertambah. Hal ini seiring dengan kebutuhan zaman. Di satu sisi, menggunkan kunci keyless memang lebih aman dari pencurian, tapi tahukah Anda kalau lupa atau salah malah bisa fatal.

Seperti laporan Federal, Senin 9 Desember 2019, jika Anda lalai mematikan remot kunci keyless maka bisa membuat aki jadi tekor. Setidaknya fakta ini diungkap biker yang juga penjual helm, Maulana.

Kata dia, dirinya pernah lupa mematikan remote kunci keyless. Tak lama kemudian, aki motornya menjadi drop.

Hal ini juga diamini pihak pabrikan, seperti Honda. Kejadian seperti tersebut muncul karena remote keyless yang masih aktif akan memancarkan sinyal terus menerus.

Saat menerima sinyal dari remote keyless, sepeda motor membutuhkan listrik dari aki. Di mana maksimal jarak remote keyless dibaca oleh sepeda motor adalah dua meter.

Sebenarnya, apabila kondisi aki masih bagus, aki tidak langsung mengalami drop, tetapi bertahap. Artinya, bagi Anda yang menggunakan motor dengan kunci keyless harus hati-hati ya, jika tidak digunakan perhatikan remotnya masih menyala apa tidak. Saat parkir jangan lupa kunci setang dan mematikan remote keylessnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic